Dery Wahyudi dan Budi Ahmad Prayogi diberikan pembekalan dan pesiapan skill menghadapi Technical Skill Contest SMK 2018 di Jakarta, pada 16-17 Oktober mendatang. (reporter88.com/istimewa)

Medan, reporter88.com – Para pemenang dari seleksi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Regional Sumut, Dery Wahyudi dan Budi Ahmad Prayogi mengikuti pembekalan dan pesiapan skill menjelang puncak acara Technical Skill Contest SMK 2018 di Jakarta, 16-17 Oktober mendatang.

Bertempat di Indako Development Center (IDC) Jalan Adam Malik Medan, pembekalan pengetahuan seputar teknik sepeda motor dilakukan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di Sumut sejak 1-13 Oktober 2018.

Bersama para tim terlatih dari Honda, sejumlah rangkaian tes kompetensi pun diberikan kepada kedua pelajar, seperti halnya test teori, praktek meja sampai dengan teouble shooting yang materinya antara lain tentang engine, frame, electrical, PGM-FI dan pengetahuan umum sesuai dengan kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah.

Perjuangan untuk bisa mengikuti ajang Technical Skill Contest SMK tingkat nasional, bukanlah hal mudah. Begitu juga yang dirasakan Dery dan Budi yang harus melewati kompetisi Technical Skill Contest SMK regional yang berlangsung pada Mei lalu dan diikuti para pelajar SMK Binaan Honda se-Sumut.

Melalui kompetisi yang sangat ketat, akhirnya terpilih para pelajar terbaikyang akan mewakili Sumut di tingkat nasional, yakni Dery Wahyudi, siswa SMK Sri Langkat yang meraih juara pertama dan Budi Ahmad Prayogi, yang berasal dari SMK Negeri 1 Lubuk Pakam di posisi kedua.

Dery Wahyudi mengungkapkan kesiapannya untuk berkompetisi di ajangTechnical Skill Contest SMK 2018 tingkat nasional. “Mengulang prestasi menjadi yang terbaik menjadi impian saya dan juga keluarga besar SMK Sri Langkat. Ketekunan untuk terus belajar dan berlatih akan menjadi modal utama bagi saya untuk memberikan hasil terbaik pada kontes SMK tingkat nasional 2018 ini,” ujar Dery.

Semangat membara juga turut ditunjukkan Budi Ahmad Prayogi yang mengaku siap memberikan kebanggaan kepada sekolah, dan juga Sumut. “Selama mengikuti pembekalan dua pekan ini saya semakin percaya diri dan sangat siap menghadapi kompetisi SMK tingkat nasional di Jakarta. Dukungan dan doa dari semua pihak tentunya sangat saya harapkan untuk mengiringi langah saya mengukir prestasi di ajang yang lebih tinggi,” ujar Budi.

Tecnhical Skill Contest sendiri merupakan ajang peningkatan mutu pendidikan vokasi dalam mencetak kompetensi siswa yang terampil sesuai dengan perkembangan teknologi terkini Honda. Hadir sebagai pelaksanaan yang ke-9 sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010, kompetisi ini terus berupaya melahirkan generasi baru yang memiliki kemampuan untuk mandiri dan bersaing di dunia usaha.

Sementara itu, Direktur PT Indako Trading Coy, Leo Wijaya, mengungkapkan bahwa Technical Skill Contest SMK merupakan komitmen Honda dalam dunia pendidikan vokasi industri, terutama dalam program link and match antara dunia usaha dan pendidikan yang dapat menjadi salah satu gerbang sukses bagi pelajar SMK untuk menatap masa depan yang lebih baik. Kompetisi ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dengan perkembangan teknologi sepeda motor di tanah air.

“Sumatera Utara tentunya sangat berbangga memiliki putra berbakat yang sangat bersemangat mengharumkan nama daerahnya di ajang nasional. Doa terbaik pastinya akan selalu diberikan untuk keberhasilan Dery dan Budi, semoga prestasi membanggakan dapat menjadi kabar gembira untuk dibawa ke kampung halaman,” ujar Leo Wijaya. (roben)

Loading...