Reporter88.com, Mexico City – Kendaraan anti-peluru biasanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti para petinggi negara atau kalangan pengusaha. Itu dilakukan untuk melindungi dirinya dari berondongan peluru ketika sedang berada di jalanan.

Tapi tidak dengan Meksiko. Mobil berlapis anti-peluru laris manis di sana. Angka kriminalitas yang tinggi membuat orang bersiaga dengan melapisi bagian mobilnya. Melansir Reuters, Senin (2/7/2018), angka kejahatan di Meksikomencapai puncaknya. Tentunya itu menjadi keuntungan tersendiri untuk industri yang bergerak di bidang pembuatan lapisan anti-peluru.

Dikutip dari detikoto, penggunaan jasa pemasangan anti-peluru pada mobil naik 10 persen menjadi 3.284 mobil berdasarkan catatan Mexican Automotive Armor Association (AMBA). Meski tergolong besar, angka tersebut masih jauh lebih sedikit dibandingkan Brazil yang mencapai 15.145 kendaraan dilapisi anti-puluru sepanjang tahun 2017.

Tercatat ada lebih dari 25.000 peristiwa pembunuhan di Meksiko tahun lalu, tertinggi sepanjang sejarah di sana. Tahun 2018 dikabarkan rekor tersebut lebih buruk.

Permintaan akan mobil anti-peluru yang semakin meningkat membuat para produsen mobil mulai memproduksi mobil anti-peluru khusus untuk mobil yang diproduksi di Meksiko. Audi misalnya telah melapisi Q5 khusus untuk di Meksiko serta diekspor ke Brazil dan Argentina.

Audi mengklaim, harga jual Q5 anti-peluru lebih murah daripada seseorang harus pergi ke bengkel dan melapisinya sendiri. Audi bukan satu-satunya yang membuat mobil anti-peluru di Meksiko. Sebelumnya sudah ada BMW, Jeep, dan Mercedes-Benz.

Dari 1,7 juta mobil yang terjual sepanjang tahun 2017, hanya sedikit yang berlapis anti-peluru. Mobil anti-peluru hanya dimiliki oleh beberapa kalangan saja dan juga beberapa perusahaan yang memang membutuhkan mobil itu saat berpergian.

Kalau tidak mampu membelinya, beberapa perusahaan keamanan di Meksiko juga menyediakan rental mobil, cicilan mobil murah untuk mobil anti-peluru agar lebih terjangkau.(Maxtam)

Loading...