Satlantas Polres Sergai melakukan penilangan terhadap pengemudi roda 4 pada saat Operasi Zebra Toba tahun 2018 di Jalinsum Sergai.

Sei Rampah, reporter88.com – Sebanyak 105 lembar surat tilang (bukti pelanggaran) di keluarkan oleh Satlantas Polres Serdang Bedagai (Sergai), dihari pertama dilakukannya Operasi Zebra Toba tahun 2018. Dari 105 lembar surat tilang tersebut, 5 diantaranya merupakan surat teguran.

“Ada sebanyak 105 lembar surat tilang yang sudah kita keluarkan. Pelanggaran terbanyak itu dilakukan oleh pengendara roda 2 (sepeda motor), terutama bagi pengendara sepeda motor dibawah umur”kata Kasat Lantas AKP Haris Sihite melalui pesan WhatsApp (WA) nya, Selasa (30/10/2018).

Dijelaskan Kasat, dihari pertama Operasi Zebra ini, petugas Satlantas juga berhasil menyita barang bukti berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 19 lembar dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 58 lembar. Selain itu, petugas juga menyita 17 unit kendaraan roda 2 dan 6 unit kendaraan roda 4.

“Jenis pelanggaran yang dilanggar yakni, untuk roda 2, pengendara tidak menggunakan helm standar dan tidak melengkapi surat surat baik SIM maupun STNK. Sedangkan untuk roda 4, pengendara tidak menggunakan safety belt dan melebihi muatan,”bilang Kasat.

Kasat Lantas AKP Haris Sihite juga menjelaskan, operasi Zebra Toba ini akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 30 oktober hingga 12 Nopember 2018 serentak diseluruh Indonesia. Operasi ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Oleh karenanya, kami menghimbau bagi masyarakat yang ingin berkendara dijalan umum agar melengkapi surat surat kendaraannya dan mentaati peraturan lalu lintas.”ungkap Kasat Lantas AKP Haris Sihite.(Budi Wijaya)

Loading...