Kadis P2KBP3A H. Irwani Jamilah saat menggelar kegiatan Jumpa Bocah (Jumbo) dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018 di Panti Asuhan Zakiyyun Najjah Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Sei Rampah, reporter88.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memberikan apresiasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) menggelar kegiatan Jumpa Bocah (Jumbo) dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018 di Panti Asuhan Zakiyyun Najjah Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Menurut Bupati, kegiatan Jumbo ini dapat menjadikan anak yang Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat (Genius). Sebab, hal ini merupakan upaya terhadap pemenuhan hak anak yang harus dipenuhi oleh Pemerintah, orang tua, masyarakat maupun pendidiknya.

Dikatakannya, bahwa setiap anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, kesehatan yang layak serta hak anak untuk bermain. Apalagi kegiatan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan bersama seluruh Forum Anak di Sumut dan dilaksanakan secara serentak pada 26 Agustus 2018 lalu di semua Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara Sumut.

“Kegiatan seperti itu perlu diberikan apresias, kalau bisa Jumbo ini diadakan di tempat kelompok bermain lainnya yang ada di Sergai, agar anak-anak juga merasakan kegembiraan yang sama,”kata Bupati Soekirman di Sei Rampah, Rabu (29/08/2018).

Sementara itu, Kadis P2KBP3A Irwani jamilah mengatakan, kegiatan Jumbo yang dilaksanakan Dinas P2KBP3A bersama Forum Anak Daerah Sergai (FADASE) ini bertujuan  untuk membagi keceriaan bersama anak-anak dan memberikan kebebasan pada mereka untuk bermain, berpendapat dan menampung seluruh aspirasi maupun cita-cita anak.

Kegiatan tersebut lanjut Irwani, selain untuk berbagi keceriaan, kegiatan tersebut juga untuk memberikan kebebasan anak yang dituangkan melalui cap telapak tangan dan menuliskan semua cita-cita serta harapan anak pada kain putih sepanjang 5 (lima) meter.

“Kegiatan itu juga merupakan salah satu upaya pemenuhan 5 klaster hak anak yaitu pertama hak sipil dan kebebasan, kedua lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, ketiga kesehatan dasar dan kesejahteraan, yang keempat pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni dan budaya serta yang kelima perlindungan khusus,”ujar Irwani Jamilah.

Dikatakan Irwani Jamilah, dalam urusan pemenuhan hak hak anak, Pemkab Sergai juga sudah 4 (empat) kali memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori “ Pratama “ dari Pemerintah Pusat. Penghargaan itu langsung diterima Bupati dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan KLA ini, menurut Irwani Jamilah, adalah sebagai wujud nyata implementasi konvensi hak anak dan berbagai peraturan perundang-undangan serta kewajiban terkait Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak.

“Baru-baru ini juga Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menerima penghargaan untuk yang keempat yang diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Yohana Yembise di Dyandra Convention Center Surabaya pada 23 Juli 2018 lalu,”kata Irwani.(Yudi)

Loading...