Peternak ayam.

Medan, reporter88.com – Dampak pelemahan rupiah mulai berimbas pada pendapatan peternak ayam di Sumatera Utara (Sumut). Dimana kenaikan harga pakan tersebut membuat peternak ayam petelur mengeluh.

“Kalau sebelumnya harga telur yang sempat naik dikisaran 24 ribu per Kg, dikarenakan oleh masa ayam afkir. Saat ini harga telur ayam memang terbilang stabil. Dikisaran 21 ribu per Kg. Meskipun pada dasarnya mengalami kenaikan dari sepekan terakhir, dimana sepekan lalu harga telur ayam masih berkisar Rp20 ribu per Kg,” ucap Benjamin Gunawan, penganat Ekonomi Sumut, Senin (22/10/2018).

Menurut Benjamin saat ini, produktivitas ayam petelur pada dasarnya sudah memasuki periode yang normal. Seharusnya harga telur ayam bisa di perdagangkan dalam rentang Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per Kg.

“Akan tetapi, level harga Rupiah di 15 ribu per US Dolar, dinilai sebagai level keseimbangan baru Ditambah lagi asumsi besaran US Dolar pemerintah dalam APBN 2019 adalah 15 ribu / US Dolar. Sehingga perhitungan harga barang yang diimpor akan sangat berpeluang mengacu kepada besaran rupiah tersebut. Hal ini menyebabkan terjadinya penyesuain harga itu sendiri,” katanya.

“Untuk pakan ternak yang bahan dasarnya adalah jagung memang sebagian harus diimpor. Belum lagi berbicara mengenai sejumlah obat-obatan yang sebagian jug aharus diimpor. Jadi harga telur ayam juga akan berubah dan mencapai titik keseimbangan baru. Kita akan lihat perkembangan harga telur ayam kedepan,” tambahnya.

Sebelumnya pemerintah juga telah merubah dengan menaikkan harga acuan telur dan daging ayam per 1 Oktober. Dimana harga telur ayam untuk acuam pembelian dari petani naik menjadi 17, 18 ribu hingga 20 ribu, dari sebelumnya 17 ribu hingga 18 ribu per Kg nya.

“Sehingga mengacu kepada kebijakan tersebut, harga telur ayam menurut hemat saya di tingkat konsumen akan dijual dikisaran 20 hingga 22 ribu per kg,” katanya.

Sementara itu, untuk harga daging ayam sejauh ini masih sekitar Rp25 ribu per Kg. Masih dalam kisaran harga yang normal. Meskipun harga daging ayam ini pada dasarnya juga mengalami kenaikan, Diana harga daging ayam sempat turun dikisaran Rp22 ribu sebelumnya. (azmi)

Loading...