Pasar saham

Medan, reporter88.com – Mayoritas perdagangan saham di bursa global hari ini dan kemarin ditutup menguat pasca perjanjian perdagangan baru AS dan Meksiko disepakati. Trump yang biasanya sangat sensitive dan kritis dalam mengatasi masalah perdagangan kali ini memberikan peluang yang besar kepada Meksiko untuk memperluas perdagangannya dan kerjasamanya dengan AS.

Hal ini tentunya memberikan sentimen positif bagi pelaku pasar dan investor untuk berinvestasi. Indeks Dow Jones menguat 1%, NYSE menguat 0,7%, Nasdaq menguat 0,9%, Philiphine menguat 1% dan Hangseng menguat 0,2%.

Sedangkan bursa saham di Indonesia, IHSG menguat tipis 16 poin atau naik 0.27% di level 6.042. level tertinggi ihsg berada di level 6.065 dan level terendah berada di level 6.023. ”

Perdagangan saham hari ini terlihat cukup aktif dimana frekuensi perdagangan tercatat sebanyak 408.362 kali transaksi dangan nilai transaksi sebesar Rp7,4 Triliun,” ucap pengamat ekonomi Sumut Benjamin Gunawan, Selasa (28/8/2018).

Sebelumnya, kerjasama AS dan Meksiko sudah terjalin cukup erat, AS dan meksiko sama-sama mendapat keuntungan yang cukup besar dan membuka penyediaan lapangan kerja yang cukup banyak bagi pekerja.

Namun kerjasama tersebut bukan hanya kerjasama dua pihak melainkan kerjasama 3 pihak dimana Kanada juga ikut ambil dalam kerjasama tersebut. Kerjasama tersebut bisa dikenal dengan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Namun kerjasama yang melibatkan 3 negara tersebut dianggap memiliki kelemahan dan merugikan bagi AS sehingga NAFTA akan dibubarkan dan diganti dengan perjanjian AS-Meksiko. Sejauh ini, Trump nantinya akan memulai perundingan dengan Kanada dan memberikan kesepakatan baru yang menguntungkan bagi Kanada.

Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan pagi tadi menguat hingga kelevel Rp14.588 namun diperdagangan sore hari, Rupiah kembali melemah terhadap dolar AS seiring dengan penguatan dolar AS dan minimnya sentimen dari dalam negeri. Rupiah sore ini diperdagangkan di kisaran Rp14.636. (azmi)

Loading...